Mobile Template Blogger HP

Assalamualaikum wr.wb
Biasanya kita selalu menggaktifkan tampilan handphone untuk pembaca blogger dengan media handphone.
Sebenarnya dengan sedikit mengoprek css kita bisa memodifikasi tampilan untuk media handphone sesuka hati kita sendiri tanpa harus memilih atau mengaktifkan template mobile yang di sediakan oleh blogger tanpa harus kehilangan banyak fitur blog untuk pembaca dengan media handphone.
Cara memodifikasinya yaitu dengan css media (@media). Artinya kita bisa menyesuaikan tampilan yang berbeda-beda untuk setiap jenis media berdasarkan lebar dari media itu sendiri.
Contohnya kita bisa membedakan background atau kuran antar tampilan, seperti screen PC, hp beresolusi 240 pixel, atau hape beresolusi lebar 320 pixel. Dalam tiga media yang berbeda ini kita bisa membuat ketiga tampilan tersebut berbeda, baik background, ukuran, dan yang lainnya..
Tapi kelemahannya, css media ini hanya suport untuk browser operamini jika di handphone. Jika untuk browser-browser ternama di kelas PC, css media (@media) ini mampu di suport dengan baik. Tapi untuk kelas handphone hanya browser operamini yang mampu mensuportnya, jadi tidak suport untuk browser kelas rendah seperti bolt browser atau UCBrowser.

Cara menggunakan css media (@media) ini yaitu, sebelumnya kita buang dulu sitem variable definisi pada template blogger agar dengan mudah kita menambahkan banyak background dan yang lainnya pada selecktor yang sama dalam media (@media) yang berbeda, jika belum tahu cara menghapusnya, baca dahulu post cara menghapus variable definisi template blogger.

untuk menentukan css atau style di media yang beresolusi 640px adalah:

@media all and (max-width:640px)
{
selector
{
Proferty:value;
}

}



artinya bahwa style yang berada di dalam css media (@media) tersebut tidak akan berlaku untuk tampilan screen diatas resolusi layar 640px. Tapi akan berlaku untuk screen dengan resolusi 640px dan resolusi yang lebih rendah seperti 320px atau 240px.

Misalnya kita memberi style pada tampilan umum

body
{
background: red;
}

@media all and (max-width:640px)
{
body
{
background: blue;
}

}



Maka background untuk body ketika di lihat dari PC atau resolusi screen diatas 640 pixel adalah berwarna merah. Tapi background body tersebut akan berwarna biru jika dilihat dari layar screen selebar 640 pixel, 320 pixel atau 240 pixel.

Bagaimana untuk membuat perbedaan di layar screen dengan resolusi 320px dan 240px ?!. Caranya sama kita tinggal menambahkah css media (@media) untuk resolusi 320px dan 240px. Cranya sama yaitu seperti contoh di bawah ini.

@media all and (max-width:640px)
{
selector
{
Proferty:value;
}

}
@media all and (max-width:320px)
{
selector
{
Proferty:value;
}

}
@media all and (max-width:240px)
{
selector
{
Proferty:value;
}

}



template yang saya gunakan ini adalah contoh template dengan menggunakan css media (@media) yang saya modifikasi sendiri.

Jika anda bingung untuk memulainya, pertama-tama selesaikan css untuk tampilan PCnya dahulu. Setelah selesai copy saja seluruh cssnya kemudian letakan didalam css media (@media). Contoh dengan yang lebih mudah:

body
{
width: 100%;
background: #red;
padding: 25px;
}
#header
{
width:960px;
margin: 10px auto;
}
@media all and (max-width:320px)
{
body
{
width: 100%;
background: #red;
padding: 25px;
}
#header
{
width:960px;
margin: 10px auto;
}

}



Setelah dicopy kemudian edit css media-nya, untuk bagian yang tidka ingin di edit lebih baik di hapus saja. Misalnya kita hanya ingin mengedit lebar dari header dan padding dari body saja, maka yang lainya boleh kita hapus, misalnya mejadi seperti ini.

body
{
width: 100%;
background: #red;
padding: 25px;
}
#header
{
width:960px;
margin: 10px auto;
}
@media all and (max-width:320px)
{
body
{
padding: 0px;
}
#header
{
width:300px;
}

}



Maka pada resolusi layar 320px lebar header hanya 300px, mudahkan ? Pasti mudah deh.. Heheh

Mudah2an dapat di mengerti, saya mohon maaf untuk segala kekurangannya.. Wassalam.

Komentar

  1. masi bingung nih sob.. untuk membedakan media scren di pc ato hp gmn carax.. misal.y di pc widget tampil tp di hp widget g tampil.. bisa g sob

    BalasHapus
  2. bisa bozz,, seperti widget di bawah yang bertuliskan ''©design by: Moe As '' itu hanya tampak jika dilihat dri screen hape 320px kebawah.. Sedangkan itu tidak di tampilkan untuk screen di atas 320px. Fungsi ini juga bisa kita buat sistem kebalikannya yaitu tampil untuk PC dan tidak di tampilkan untuk HP..

    BalasHapus
  3. makasi sob.. sy sudah terapkan di blog sy di @media 480 tp belum tau gimana di media lain krn di hp sy k320i media128 juga bfungsi.. ada g sob cra meliat di media ukuran lain

    BalasHapus
  4. jika untuk pembuktian aku cuma bisa dengan medianya, karena hapeku E63, jadi cuma bisa test untuk lebar 230px dan 240px secara lanskep.. Kalo untuk media lainnya paling gunakan prediksi atau dibuat media umum dulu dengan memberi ukuran lebar body sesuai dengan type media yang akan kita terapkan.. Misal ingin menerapkan untuk media 640px kita beri lebar aja body:640px; jadi nanti isinya kita sesuaikan dengan ukuran tersebut... Setelah selesai baru kita kurung cssnya dengan css media.. @media all and (max-width:640px){ isi cssnya }.. :)

    BalasHapus
  5. mksh sob ilmunya sangat bmanfaat..oiy sy perna menemukan yg menjelaskan tampilan handpone media handheld tp sy g ngerti,, apa bs dijelaskan sob melalu postingan berikutnya tentang css handheld

    BalasHapus
  6. masama bozz,, untuk @media handheld (media genggam) saya sendiri belum pernah mencoba apakah css @media ini disuport atau tidak oleh operamini.. Dan saya juga gak tahu lebar resolusi layar yang di sebuat handheld.. Saya mengutamakan @media all (seluruh media) karena ini bisa berlaku secara umum.

    BalasHapus
  7. kapan tutor css-nya dlanjut sob.. penasaran pengen praktek ilmunya.. sy baru bisa brhasil semenjak kunjung disini.. dtunggu berikutnya sob

    BalasHapus
  8. saya bingung bozz mau bahas tentang apa, soalnya lagi gak punya ide..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer